Jumat, Mei 31, 2019

Cara install TWRP


Alat penting bagi siapa saja yang suka memodifikasi perangkat Android mereka adalah pemulihan kustom yang baik. TWRP telah ada sejak penemuan roda kembali pada tahun 1996 dan telah menyediakan modder dengan semua jenis alat hebat. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan TWRP di perangkat Anda, panduan ini akan membantu Anda. Saya juga akan membahas semua fungsi dasar TWRP recovery dan untuk apa fungsinya.

Install TWRP

Mari kita mulai dengan mengunduh TWRP untuk perangkat Anda. Anda dapat menemukan daftar perangkat yang saat ini cocok untuk perangkat Anda dengan mengikuti tautan.

Download TWRP yang sesuai dengan smartphone anda

Sekarang kita akan membahas beberapa metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menginstal TWRP recovery. Sebelum kita mulai, silakan dan aktifkan USB Debugging di perangkat Anda.

Cara mengaktifkan USB Debugging

Settings > Developer Options > USB Debugging



Install TWRP melalui ADB

  • Buka folder tempat file .img Recovery TWRP Anda menyimpan.

  • Kemudian buka CMD di dalam folder itu. Untuk melakukannya, Shift + Klik kanan pada ruang putih kosong di dalam folder dan kemudian pilih Open command window here.

  • Hubungkan perangkat Android Anda ke PC. Ketik perintah berikut ke dalam jendela perintah untuk mem-boot perangkat Anda ke mode bootloader/fastboot:

adb reboot bootloader


Jika ada permintaan izin untuk "Izinkan debugging USB", ketuk OK.

  • Setelah perangkat Anda masuk ke mode bootloader, ketikkan perintah ini ke dalam baris command line.
fastboot flash recovery twrp-2.8.x.x-xxx.img

Di sini, modifikasi twrp.img dengan nama file .img recovery TWRP Anda.


  • Setelah TWRP berhasil di-flash pada perangkat Anda, ketikkan perintah terakhir ini untuk mem-boot ulang perangkat Anda.

fastboot reboot

Install TWRP Via Manager

TWRP Manager adalah aplikasi root yang memungkinkan Anda membuat cadangan, memulihkan, dan menginstal pemulihan Anda. Jika perangkat Anda kompatibel dengan opsi ini, maka itu akan sedikit lebih mudah daripada metode sebelumnya.


Download dan install TWRP Manager

Fungsi TWRP

NANDroid Backup

Lakukan pencadangan sistem lengkap untuk untuk berjaga-jaga apabila terjadi kesalahan atau bila ROM baru yang kita flash tidak cocok.

Memulihkan Cadangan

Jika Anda mem-flash ROM yang tidak Anda sukai, atau Anda mengalami semacam bug dalam perangkat lunak Anda, anda dapat memulihkan dari sini.

Flash ZIP Files

Jika Anda memasang mod, mem-flash Gapps, atau mem-flash ROM, Anda akan membutuhkan fitur ini untuk mem-flash file ZIP melalui pemulihan Anda.

Factory Reset

Terkadang smartphone anda mengalami macet atau tidak bisa boot ke OS Android. Ketika ini terjadi, Anda dapat mencoba mem-boot ke TWRP dan melakukan Factory reset.

Fix Permissions

Saat Anda mem-flash ROM, terkadang sistem Anda bisa lupa izin mana yang diberikan ke aplikasi yang berbeda. Memperbaiki izin akan mengatur semuanya kembali ke cara Anda memilikinya.

1 komentar:
Write komentar