Kamis, Desember 05, 2019

Pengertian RAM dan ROM Android


Pada topik kali ini Kang Yanus Developer akan mengulas secara detail apakah itu RAM dan ROM?, oke yang pertama saya akan membahas RAM terlebih dahulu.

Apakah itu RAM?

Sumber gambar: proandroid.com

RAM adalah kependekan dari (Random Access Memory) suatau perangkat keras atau hardware didalam smartphone yang fungsinya sama seperti RAM pada komputer yaitu sebagai penyimpanan sementara ketika smartphone dijalankan sebagai instruksi program dan dapat diakses secara acak (random).

Kapasitas RAM pada smartphone Android sudah ditentukan oleh pabrikan, contohnya pada spesifikasi Samsung A10 berikut ini ↓


Pada spesifikasi Samsung A10 memiliki spesifikasi Memori RAM sebesar 2 GB (Giga Byte) yang tidak bisa ditambah atau dikurangi, karena sudah bawaan pabrik.

Fungsi RAM pada smartphone Android

1.Penyimpanan Sementara

RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat program di dalam smartphone Android sedang dijalankan. Jadi, ketika kita menjalankan aplikasi, misalnya saat kita menjalankan kalkulator, maka smartphone akan menyimpan data sementara.

Tetapi, data tersebut harus disimpan secara permanen untuk mencegah terjadinya kehilangan data karena hal-hal tak terduga. Misalnya kehabisan batre.

2.Mempercepat kinerja smartphone

Semakin besar RAM yang dimiliki smartphone tersebut akan semakin ringan dan cepat kinerja smartphone itu, dan sebaliknya jika RAM yang dimiliki smartphone itu kecil akan semakin lambat kinerjanya.

Itulah pengertian RAM pada smartphone Android, beda lagi dengan ROM, berikut ini adalah penjelasan ROM Android. ↓

Apakah itu ROM?

Sumber gambar: xda forums

ROM adalah kependekan dari (Read Only Memory) yaitu suatu perangkat keras pada smartphone Android yang berupa chip isinya hanya bisa dibaca saja. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM (Random Access Memory), walaupun keduanya mempunyai kesamaan yaitu dapat diakses secara acak atau random. ROM (Read Only Memory) berbeda dengan RAM (Random Access Memory).

ROM adalah salah satu memori yang terdapat di dalam smartphone Android. ROM ini mempunyai sifat permanen, yang artinya program atau data yang disimpan didalam ROM tidak mudah hilang ataupun berubah-ubah walau aliran listrik sudah di matikan. Menyimpan data di dalam ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program atau data yang ada diisi oleh pabrikan yang membuatnya. Oleh karena itu sifat ini, biasa dipakai untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan sangat erat dengan perangkat keras).

Kesimpulannya


Dari penjelasan di atas sangatlah jelas, bahwa RAM dan ROM itu berbeda, RAM adalah perangkat keras yang digunakan untuk mendukung performa smartphone Android, sedangkan ROM adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan firmware secara permanen dan kapasitas ROM lebih besar daripada RAM.

4 komentar:
Write komentar
  1. Artikelnya bagus dan mudah dipahami. Sekarang saya sudah tahu perbedaan dari RAM dan ROM

    BalasHapus
  2. Ternyata Ram dan Rom pada HP android tidak jauh berbeda dengan pada komputer ya.

    BalasHapus