Kamis, September 19, 2019

Cara backup NANDROID dari TWRP recovery

Jika Anda mencari tutorial cara backup data yang ada di ponsel Android melalui TWRP recovery disinilah tempat yang tepat yang sedang Anda cari, pencadangan melalui TWRP recovery ini dinamakan pencadangan NANDROID prosesnya sangatlah sederhana, jika Anda membaca dan memahami tutorial yang saya tulis berikut ini.

Sebelum Anda melakukan backup NANDROID, Anda harus faham dulu apakah itu backup NANDROID?

Ketika anda akan melakukan flash ROM, pastinya sebelumnya Anda harus melakukan backup NANDROID, backup NANDROID dilakukan untuk berjaga-jaga ketika ada kesalahan eror pada saat melakukan flash pada Android, jadi ketika ada kesalahan kita bisa dengan mudah mengatasinya yaitu dengan melakukan pemulihan. Nama backup NANDROID sudah ada sejak CWM, pada dasarnya ponsel Android memiliki penyimpanan internal juga external (kartu SD card) yang pada dasarnya adalah flash NAND, mungkin semua pengembang juga menamai backup pada ponsel Android pada proses ini juga menamainya backup NANDroid.

Pada dasarnya pencadangan NANDROID berarti membuat cadangan semua partisi yang diperlukan pada perangkat Android. Android memiliki tata letak terpartisi yang memiliki partisi boot, partisi pemulihan, partisi sistem, partisi data, partisi cache, dan lain-lain. Ketika mengambil cadangan NANDROID, sebenarnya menyalin semua data di setiap partisi sebagai satu file. partisi boot akan ditangkap dalam satu file bernama boot.img, demikian pula partisi sistem di system.img dan seterusnya. Dengan cara ini pencadangan dan bahkan proses pemulihan menjadi lebih mudah bagi pengguna.

Jika Anda mencari untuk memiliki cadangan lengkap File, Kontak, Pesan sehingga dapat diakses dan dapat disinkronkan dengan ROM lain juga maka pasti ini bukan Panduan Cadangan yang Anda cari. Di bawah ini adalah tautan yang mungkin Anda cari:
Cara Backup Semua Data Yang Ada Di Perangkat Android

Fitur ini sebagian besar tidak ada pada perangkat stok ROM Android dan Anda hanya akan menemukannya di CWM, Philz, TWRP atau Cyanogen recovery.

Apakah manfaat backup NANDROID?

Anda dapat menganggap cadangan NANDROID sebagai SNAPSHOT dari kondisi ponsel Anda saat ini. Katakanlah Anda telah menginstal banyak aplikasi di ponsel Anda, memiliki banyak pesan, kontak, dan lain-lain. semuanya ada di sana. Pada dasarnya ini HANYA membantu jika Anda mencoba ROM Kustom baru yang bermasalah tetapi Anda ingin kembali lagi ke ROM lama Anda apakah itu stok atau custom ROM.

Alasannya, Anda menyimpan semua data cadangan sebagai satu file yang hanya dapat dibaca oleh recovery dan hanya untuk melakukan restore. Anda tidak dapat mengekstrak data apa pun yang ada di file tersebut.

PERINGATAN:
Pencadangan NANDROID tidak akan bisa membantu jika menggunakan custom ROM yang berbeda (custom Rom tersebut stabil), Anda harus menggunakan titanium backup jika ingin melakukan backup semua data.

Cara backup NANDROID dari TWRP recovery:

LANGKAH 1:
Reboot perangkat Anda ke mode recovery.
Sekarang,  pada layar beranda TWRP lalu klik Backup.

LANGKAH 2:
Pada layar Backup, pilih semua partisi yang ingin Anda simpan dan kemudian geser tombol sentuh (swipe to back up) di bagian bawah layar untuk mengambil cadangan ROM lengkap dengan data Anda. Tetapi sebelumnya Anda harus membaca semua hal yang telah saya sebutkan karena sangat penting untuk dibaca.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan backup jika tidak proses backup Anda mungkin akan gagal .


  • Pertama-tama lihat opsi yang tercakup di bawah kotak persegi panjang merah. Pastikan Anda telah melakukan hal yang sama sebelum mengambil cadangan.
  • Enable compression akan menghemat ruang dengan mengompres data. tidak usah kawatir, bahkan setelah mengompres data Anda tidak berubah dan algoritma Restore nya.
  • Jangan centang opsi Skip MD5 generation during backup. Ini berguna saat Anda akan melakukan pemulihan. Pada dasarnya data hash MD5 akan mengkonfirmasi cadangan yang Anda miliki benar-benar valid dan tidak ada yang rusak.
  • Jangan centang opsi Disable Free Space check. Jika Anda akan memeriksa opsi ini maka TWRP tidak akan memeriksa berapa banyak ukuran yang Anda ambil cadangan dan berapa banyak ruang yang Anda miliki di ponsel atau kartu microSD Anda. Lihat contoh di bawah ini untuk memahami lebih lanjut tentang ini:

  • Lihat Penyimpanan: Penyimpanan Internal (2417) yang telah saya tandai merah dengan kotak oval. Pada dasarnya itu mengatakan bahwa saya memiliki 2417 MB ruang tersisa di ponsel saya. Jika Anda melihat dengan cermat ke partisi data yang akan saya ambil cadangannya sendiri adalah 5422 MB (ditandai pada kotak biru) yang toh tidak akan muat dalam penyimpanan ponsel saya. Di sinilah Anda harus berhati-hati dan menyediakan ruang sebelum mengambil cadangan. Jika Anda menonaktifkan opsi Free Space Chcek maka Anda akan menghadapi masalah di sini.

Sekarang jika semuanya sudah difahami, mulailah mengambil cadangan. Pindahkan cadangan dari ponsel atau kartu SD Anda ke PC atau simpan di could.

Tidak ada komentar:
Write komentar