Senin, Oktober 14, 2019

Cara mengaktifkan mode gelap di google chrome android


Jika Anda pengguna Android sejak sebelum rilis Android Lollipop, Anda mungkin ingat UI Holo yang menggunakan latar belakang abu-abu gelap dan aksen biru. Dengan Lollipop, Google mengadopsi Material Design, yang membalut seluruh UI dengan lapisan putih tebal yang rata. Sekarang, saat panel OLED dan AMOLED menjadi lebih mudah untuk diakses, Google akan memberi pengguna kesempatan untuk mematikan lampu dengan Android Q mendatang. Meskipun Anda harus bekerja melalui Android Q Developer Preview untuk beralih ke tema gelap atau dark theme, Google sudah bereksperimen dengan masing-masing mode gelap di dalam aplikasi tertentu. Salah satunya adalah Google Chrome, yang menerima mode gelap pada Android dengan versi 74 dan jika Anda bersedia mencobanya, ada beberapa langkah dasar untuk diikuti.

Pertama-tama, pastikan Anda menggunakan Chrome versi 74, dan kemudian lanjutkan dengan langkah-langkah berikut:


  • Masukkan kode chrome://flags di bilah alamat url. Kode ini dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur eksperimental di Chrome.



  • Setelah Anda dalam fitur eksperimental chrome, masukkan "Android Chrome UI dark mode" di kolom pencarian dan Anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.



  • Ubah pengaturan "default" menjadi "enabled" jika sudah klik Relaunch now untuk menyetujui dan meluncurkannya, chrome akan otomatis restart.




  • Lalu buka pengaturan pada chrome



  • Aktifkan "dark mode"




Catatan:

Mengaktifkan dark mode pada chrome tidak akan berpengaruh pada konten situs web, juga cocok untuk mata dan dapat mengurangi konsumsi baterai dalam hal tampilan OLED/AMOLED pada perangkat Android Anda.

Meskipun Chrome versi 74 untuk Android dirilis pada 25 April, itu mungkin tidak tersedia untuk Anda melalui Google Play Store. Jika demikian, Anda dapat mencoba mode Gelap dengan Chrome beta download dibawah ini.


2 komentar:
Write komentar
  1. Artikel yg menarik,.. terimakasih infonya min

    BalasHapus
  2. Wah menarik juga, safari browser ku gabisa mode dark. Kukira google juga gabisa. coba dulu ya gan, makasih infonya.

    BalasHapus